Tuesday, February 14, 2012

Wireshark

Apa sih Wireshark ituh?? yang saya tau sih cuma aplikasi buat ngeliat paket-paket network orang. Maksudnya kita bisa liat apa aja yang dia kerjain ato lagi buka-buka situs apa aja. Tapi waktu saya tanya ke guru besar google Wireshark itu adalah "sebuah Network Packet Analyzer. Network Packet Analyzer akan mencoba "menangkap" paket-paket jaringan dan berusaha menampilkan semua informasi di paket tersebut sedetail mungkin."
Nah waktu kuliah Applied Networking 4 dosen menugasin gimana cara ngeggunain Wireshark dan suruh nyoba nembus lappie dia biar ketauan MAC Address sama User lappienya.


Saya akan membuat langkah-langkah yang dikerjain saya kemaren di lab buat ngeggunain Wireshark yang ditugasin Beliau.


Awal-awal buka aplikasi Wiresharknya terus kalo udah di dalem Wiresharknya ada menu "Interface List" diklik, nantinya akan terbuka traffic-trafic data network dari semua host yang sedang digunakan disaat itu juga.
Disini perlu ketelitian buat ngeliat IP Address lappie beliau dengan cara ngeliat info dan didalem info tersebut ada kata "NOTEBOOK" nah karena 1 1 nya di lab itu memakai lappie maka IP nya saya filter dengan cara klik kanan IP korban lalu pilih apply as filter > selected. Maka nanti keluar IP korban saja




Setelah itu klik salah satu IP seperti di gambar (maap burem) terlihat Source IP adalah 192.168.15.20 nah klik secara double salah satu untuk bisa liat MAC Address melalui IP. Udah itu maka terlihat seperti gambar di bawah ini




Nah sekali lagi buram gambarnya maaf ya. Dibaris Source terbaca Quantaco_ 31:8c:82 nah setelah melihat review-review di guru besar google angka tersebut merpakan MAC Address lappie korban yang di tracking.


Setelah keduanya ketemu maka kembali lagi ke list filtered untuk mencari user name lappie beliau. Setelah dilihat melalui jalur info, terdapat kata DSDMR-NOTEBOOK dan kemungkinan itu merupakan user name lappie beliau.


Mungkin cara itu salah tapi diliat dari sumber-sumber di guru besar google tidak jauh beda(mungkin). Karena "Kesempurnaan hanya milik yang diatas"

0 comments:

Post a Comment